Selasa, 10 Mei 2016

Laporan Pengenalan Ekosistem Pendahuluan



PENGENALAN EKOSISTEM
A.    Pendahuluan
1.      Latar Belakang
Ekosistem terrestrial meliputi komponen biotik dan abiotik, faktor-faktor abiotik ini secara garis besar dapat di bagi atas factor fisika dan faktor kimia. Faktor fisika antara lain suhu, kadar air, porositas,  dan tekstur tanah, sedangkan factor kimia antara lain salinitas, PH, kadar organic tanah, dan unsur-unsur mineral tanah.  Sifat fisika tanah merujuk pada perilaku mekanik termal, optik, koloidal, dan hidrologi tanah. Perilaku ini menghadirkan sejumlah parameter yang dapat diamati dan diukur.
Sifat kimia tanah meliputi keasaman dan senyawa organik tanah. Keasaman bersumber dari sejumlah senyawa. Air adalah sumber kecil ion H karena disosiasi molekul H2O lemah. Faktor abiotik lainnya adalah iklim mikro. Iklim mikro adalah variasi iklim pada skala beberapa  kilometer, meter atau bahkan centimeter, biasanya diukur dalam waktu  yang terlalu pendek. Iklim mikro mempengaruhi bentuk permukaan yang meliputi ketinggian, vegetasi, warna tanah, topografi dan temperatur. Adanya pepohonan mempengaruhi struktur tanah dan erosi, sehingga mempengaruhi pengadaan air  dalam tanah. Tajuk pohon dan serasa mencegah jatuhnya air hujan langsung pada permukaan tanah sehingga mencegah erosi, sedangkan humus memperbesar daya serap tanah terhadap air.
Ekologi tanah mempelajari hubungan antara biota  tanah dan lingkungan, serta hubungan antara lingkungan serta biota tanah. Secara berkesinambungan hubungan ini dapat saling menguntungkan satu sama lain, dan dapat pula merugikan satu sama lain. Faktor yang mempengaruhi kualitas tanah pada bagian fisiknya adalah tekstur tanah, bahan organik, agregasi, kapasitas lapang air, drainase, topografi, dan iklim. Sedangkan yang mempengaruhi pada bagian pengolahannya adalah intensitas pengolahan tanah, penambahan organic tanah, pengetesan pH tanah, aktivitas mikrobia dan garam. Tanah sebagai habitat biota tanah sebagai medium alam untuk pertumbuhan dan melakukan aktivitas fisiologinya. Tanah menyediakan nutrisi, air dan sumber karbon yang diperlukan untuk pertumbuhan dan aktivitasnya. Di dalam hal ini, lingkungan tanah seperti factor abiotik (yang meliputi sifat fisik dan kimia tanah) dan factor biotik (adanya biota tanah dengan tanaman tingkat tinggi) ikut berperan dalam menentukan tingkat pertumbuhan dan aktivitas biota tanah tersebut.
2.      Tujuan Praktikum
a.       Menganalisis keharmonisan hubungan antar faktor-faktor penyusun eksositem
b.      Mendiskripsikan fungsi dan penyusun ekosistem
c.       Mengenal tingkat tropic dalam ekosistem

3.      Waktu dan Tempat
                                  Praktikum acara IX Pengenalan Ekosistem dilaksanakan pada hari Minggu, 19                               Oktober 2014 pukul 09.45-11.00 WIB di Karang pelem, Jambangan, Sragen.


Laporan Terkait :


EmoticonEmoticon